Kesehatan Mata - Mengapa Pelebaran Murid Penting untuk Pemeriksaan Mata?

Seorang wanita dari Puerto Rico baru-baru ini bertanya kepada saya mengapa dokter matanya memberikan obat tetes mata untuk melebarkan pupilnya selama pemeriksaan. Dia menyebutkan bahwa dia menemukan ini sangat mengganggu karena di Puerto Rico ada banyak matahari dan, ketika dia pergi ke luar setelah pengangkatannya, cahaya membuat matanya sakit.

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting dan merupakan pertanyaan yang saya yakin banyak orang bertanya-tanya. 
Jadi ... apakah pelebaran murid benar-benar diperlukan?

Iya nih. Sebagai seorang profesional perawatan mata, saya memiliki tanggung jawab ganda: untuk memastikan bahwa Anda memiliki ketajaman visual terbaik dan untuk memantau kesehatan mata Anda. Ini adalah yang kedua, memantau kesehatan mata yang membutuhkan pemberian tetes mata untuk melebarkan pupil Anda. Kesalahpahaman terjadi karena kebanyakan orang mengunjungi dokter mata berfokus Kemungkinan Masalah Mata dan Penglihatan pada aspek ketajaman visual. Karena pelebaran pupil tidak diperlukan untuk menguji ketajaman visual, sering dianggap sebagai gangguan yang tidak perlu. Namun, seperti yang akan segera Anda lihat, ini adalah alat yang sangat diperlukan yang membantu saya untuk memantau kesehatan mata Anda.

Saya melakukan pelebaran pupil untuk pemeriksaan mata karena hal itu memungkinkan saya untuk mendapatkan tampilan terbaik di belakang mata Anda. Dalam istilah teknis, area ini disebut ruang vitreous . Itu diisi dengan cairan yang disebut humor vitreous. Proses ini biasanya melibatkan pemberian dua kelas tetes mata: tetes mati rasa diikuti oleh dua jenis tetes melebarkan.

Pelebaran (pelebaran) pupil pasien meningkatkan sudut di mana saya dapat mengamati bagian belakang mata. Saya memeriksa area ini dengan mengarahkan seberkas cahaya melalui pupil. Biasanya, di hadapan cahaya terang, pupil mengerut agar lebih sedikit cahaya yang melewati retina. Ini akan menciptakan situasi yang tidak dapat diterima di mana saya hanya akan dapat melihat titik kecil di belakang mata Anda. Namun, dengan pupil yang melebar, saya dapat melihat area yang jauh lebih besar dan memiliki pandangan yang lebih jelas tentang wilayah ini.

Setelah saya memberikan tetes mata untuk pelebaran pupil, saya memeriksa saraf optik dan pembuluh darah di retina Anda. Secara khusus, saya mencari perubahan pada saraf optik yang bisa menjadi indikasi glaukoma atau masalah kesehatan mata lainnya, seperti degenerasi makula. Saya juga mengevaluasi kualitas pembuluh darah, termasuk cara mereka saling bersilangan. Perubahan pada saraf optik, retina, atau pembuluh darah dari satu pemeriksaan mata ke pemeriksaan mata berikutnya bisa menjadi tanda Cara Alami Meningkatkan Kesehatan Mata bahwa Anda menderita penyakit mata. Semakin dini saya dapat mendeteksi ini, semakin baik hasilnya untuk kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

Karena mata merupakan struktur yang sensitif, mata juga dapat menunjukkan tanda-tanda awal dari penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi ( hipertensi ), diabetes, dan peningkatan kolesterol ( hiperkolesterolemia ). Pelebaran pupil dapat membantu saya mengidentifikasi masalah-masalah ini sejak dini. Namun, ada kondisi tertentu yang tidak disarankan untuk dilatasi pupil. Di antara yang paling utama adalah glaukoma sudut-penutupan primer. Dalam kondisi ini, sudut yang dibentuk oleh iris dan kornea di bagian depan mata, yang dikenal sebagai sudut irideocorneal, sempit. Ini dapat menghalangi aliran cairan yang normal, yang dikenal sebagai aqueous humor, di wilayah ini dan dengan cepat meningkatkan tekanan di dalam mata Anda. Pelebaran pupil di mata yang sudah memiliki sudut irideocorneal yang sempit dapat menyebabkan sudut tersebut semakin menyempit dan menghasilkan blok pupil, yang merupakan keadaan darurat medis.

Setelah pemeriksaan mata, murid-murid Anda biasanya akan tetap membesar selama 3-4 jam. Selama waktu ini, Anda akan mengalami kepekaan terhadap cahaya dan mungkin memiliki penglihatan buram, terutama saat membaca dan pekerjaan lain yang membutuhkan fokus dekat. Untuk alasan ini, saya selalu menyarankan agar pasien saya membawa kacamata hitam sehingga mereka tidak terganggu oleh cahaya ketika mereka pergi ke luar. Saya menyediakan kacamata hitam sekali pakai untuk pasien yang lupa membawa kacamata mereka sendiri, tetapi kacamata ini menyerupai kacamata 3-D yang diberikan di bioskop dan tidak terlalu bergaya.

Seperti yang Anda lihat, manfaat pelebaran pupil untuk memantau kesehatan mata jauh lebih besar daripada ketidaknyamanan jangka pendek. Sebagian besar dapat dikelola secara efektif, seperti sensitivitas sementara terhadap cahaya dengan kacamata hitam.

Dalam situasi apa pun Anda tidak boleh mencoba mengendarai mobil setelah pemeriksaan mata di mana pupil mata Anda melebar. Jika transportasi umum tidak tersedia, saya sarankan Anda mengatur agar seseorang dapat mengantar Anda menemani Anda ke ujian atau siap menjemput Anda ketika sudah selesai. Demikian pula, jika Anda berencana untuk pergi bekerja setelah pemeriksaan, Anda tidak boleh mengoperasikan mesin apa pun atau melakukan pekerjaan lain yang membutuhkan fokus yang baik.

Komentar

Postingan Populer